Siswa SMKN 2 Kendari Dilarang Membawa HP di Sekolah

0
149

ekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kendari mempunyai cara tersendiri untuk menanggulangi aksi kekerasan tawuran dan tidak fokusnya siswa dalam proses belajar. Salah satunya dengan melarang siswa membawa Hand Phone (HP) di sekolah.

Kepala SMKN 2 Kendari Muh Syarif Gamoro mengatakan, langkah yang diambilnya tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak 2017 lalu. Tetapi, pelaksanaannya tidak terlalu efektif dikarenakan masih terjadi penolakan oleh orang tua siswa dengan alasan tidak dapat melakukan komunikasi dengan anaknya.

Syarif menjelaskan, sebenarnya pelarangan membawa HP di sekolah merupakan bagian dari tata tertib sekolah. Di mana, siswa ditakutkan akan terpengaruh dengan konten-konten provokasi yang akan memancing keributan seperti kekerasan, tawuran dan yang lainnya.

“Siswa yang kedapatan membawa HP di sekolah akan dilakukan penyitaan selama satu sampai dua bulan di sekolah dan siswa tersebut berjanji tidak akan menyalahi tata tertib yang sudah dibuat tersebut,” ujar Syarif baru-baru ini.

Kata Syarif, tata tertib ini sebenarnya sudah dikomunikasikan dengan  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Sehingga, tahun ajaran baru ini akan diterapkan kembali dan lebih intensif pengawasannya.

“Langkah ini diambil karena anak-anak menggunakan medsos tidak sesuai dengan peruntukannya yang dapat memancing keributan dan yang lainnya yang mengganggu konsentrasi anak-anak sendiri dalam menimbah ilmu di sekolah, sehingga kami sepakati anak-anak dilarang membawa HP,” ucapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here