20 Siswa SMKN 2 Kendari Memperoleh WELDER’S APROVAL TEST CERTIFICATE (G1) dalam UKK bersama INLASTEK WELDING INSTITUTE

0
206

 

Menindaklanjuti Instruksi Presden no. 9 tahun 2016 tentang Revitlisasi SMK, Kementerian Pendidikan dan Keudayaan merumuskan  langkah revitalisasi SMK yang akan dilakukan dalam rangka menciptkan SDM yang unggul dan memiliki daya saing di setiap bidang. Direktorat Pembinaan SMK menetapkan lima area revitalisasi yg terdiri atas Kurikulum, Guru dan tenaga kependidikan, kerja sama DU/DI, sertifikasi dan akreditasi, serta sarpras dan kelembagaan. Yang diwujudkan dalam sepuluh langkah  revitalisasi. Salah satu langkah perwujudan revitalisasi SMK tersebut adalah program Uji Sertifikasi Profesi. Sertifikasi adalah suatu proses pengakuan keahlian dan kewenangan seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan tertentu melalui suatu proses sistem pengujian keahlian yg mengacu kpd standar keahlian yg berlaku dan dikaui oleh lapangan pekerjaan.

Mengapa Sertifikasi kompetensi kerja diperlukan ?

Sertifikasi kompetensi kerja merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yg mempunyai pengetahuan,keterampilan dan sikap kerja sesuai dgn standar kompetensi kerja yg telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang sertifikat) tsb terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yg menjadi tugas dan tangggung jawabnya.

langkah konkrit program ini di tahun 2018 berupa  Penyelarasan kerjasama vokasi dengan kegiatan Pencetakan 1.000 welder  siswa/lulusan SMK yang memiliki sertifikat welder internasional. Dalam kegiatan ini Direktorat PSMK menggandeng Industri  yang bergerak dibidang pengelasan yang sudah memiliki segudang pengalaman internasional, yakni INLASTEK WELDING INSTITUTE yang beralamat di kota Solo. INLASTEK WELDING INSTITUTE bertugas utk melakukan Uji Kompetensi Keahlian kepada peserta program  Pencetakan 1.000 welder siswa/lulusan SMK.

Salah satu dari 25 SMK penerima bantuan program ini adalah SMK Negeri 2 Kendari. Dimana dalam kegiatan ini SMKN2 Kendari mengikutsertakan peserta sejumlah 20 orang, yang terdiri dari 17 siswa Tk.XII dan 3 orang alumni dari Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan. Dalam Uji Kompetensi Keahlian tersebut ke 20 peserta dinyatakan kompeten dan  berhasil memperoleh Welder certificate berstandar internasional dari INLASTEK WELDING INSTITUTE.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here